LUAR BIASA...!!! Ternyata ada Pria Bertetek Besar. Pernah Lihat???

LUAR BIASA...!!! Ternyata ada Pria Bertetek Besar. Pernah Lihat???
Jika Anda ketemu dengan pria maskulin, jantan tulen, dan tidak punya kebiasaan "melambai" seperti wanita, tetapi memiliki dada membukit, cukup besar layaknya payudara wanita apa yang akan anda fikirkan?

Sebelum anda memikirkan hal-hal yang negatif, setiap pria tentunya juga akan merasa jengah jika bagian payudaranya membesar. Pembesaran bisa terjadi pada satu atau kedua payudara. Ternyata mereka tidak hanya satu-dua, tetapi cukup banyak pria yang mengalami hal seperti ini. Diperkirakan sekitar 40-60 persen pria mengalami pembesaran payudara ini. Kelainan seperti ini dinamakan gynecomastia, ujar dr Enrina Diah, dokter spesialis bedah plastik dan konsultan bedah craniofacial di Ultimo Clinic,

Payudara pria yang terlihat membukit ini terjadi karena pembesaran jaringan dada, bukan karena pembesaran kelenjar seperti yang dialami oleh wanita. Penyebabnya, menurut dr Enrina, salah satunya karena adanya ketidakseimbangan antara hormon estrogen dan testosteron pada penderita. Pada pria, hormone testosteron seharusnya lebih tinggi ketimbang estrogen. Perubahan keseimbangan hormon ini bisa disebabkan oleh perubahan alami hormon, atau bisa juga karena konsumsi obat-obatan tertentu, seperti :
- obat anti-androgen untuk mengatasi penyakit prostat atau kanker,
- obat penenang,
- obat anti depresi,
- beberapa jenis alkohol dan narkoba, dan lain-lain.

bisa juga karena gangguan penyakit, seperti :
- Penyakit ginjal,
- Penyakit liver,
- Hipertiroid,
- Sindrom klinefelter (gangguan kromosom sejak lahir yang juga ditandai dengan testis kecil dan penurunan kadar testosteron),
- Pengangkatan testis untuk mengobati kanker testis, dan lain-lain.

Penyebab lainnya adalah pada saat kehamilan ibu terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung hormon estrogen, seperti pil KB, atau makanan berlemak. Kelebihan estrogen saat dalam kandungan bisa menyebabkan bayi yang lahir beresiko menderita gynecomastia.

Selain itu, pria obesitas biasanya mengalami pembesaran payudara yang mirip seperti ini. Ini lantaran, pria dengan kelebihan lemak cenderung memiliki hormon estrogen tinggi. Kondisi ini dinamakan pseudogynecomastia.

Menurut dr Enrina, sebenarnya gynecomastia bukan penyakit serius. Hanya saja, kelainan ini bisa mengurangi estetika penampilan tubuh, dan seringkali menimbulkan rasa kurang percaya diri. Penderita biasanya tidak mau memakai baju kaos, dan tidak berani pula untuk berenang tanpa baju. Bahkan, lanjut dr Enrina, rasa percaya diri penderita gynecomastia ini biasanya lebih rendah daripada wanita dengan payudara kecil.

Sumber artikel :
- kompas
- tempo

Sumber foto :
- tribunnews

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "LUAR BIASA...!!! Ternyata ada Pria Bertetek Besar. Pernah Lihat???"

Posting Komentar

MENGERIKANNYA DAMPAK pemanasan global