WAOW...!!! 7,5 Juta Pengangguran Banyak Bertitel Sarjana.

WAOW...!!! 7,5 Juta Pengangguran Banyak Bertitel Sarjana.

Setiap tahunnya, perguruan tinggi se-Indonesia meluluskan jutaan alumni dan sebagian besar tidak terserap oleh pasar tenaga kerja.

Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2015 menunjukkan bahwa Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Indonesia pada Agustus 2015 mencapai 7,56 juta orang. Angka ini setara dengan 6,18 persen dari total 122,4 juta orang angkatan kerja, kata Guru Besar Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Edy Suandi Hamid. "Angka itu mengalami peningkatan dibanding TPT pada bulan Februari 2015 sebesar 5,81 persen dan TPT bulan Agustus 2014 sebesar 5,94 persen. Sekitar 600 ribu penganggur terbuka itu lulusan perguruan tinggi," katanya lagi.

Pengangguran terbuka lulusan perguruan tinggi masih relatif banyak dari jumlah angkatan kerja yang ada di Indonesia. Hal itu menunjukkan bahwa penyerapan tenaga kerja lulusan perguruan tinggi cenderung lambat, sehingga banyak sekali pengangguran bergelar sarjana. Banyaknya pengangguran dari kalangan sarjana tersebut bisa jadi karena rendahnya kompetensi dan minimnya soft skills yang dimiliki oleh calon tenaga kerja, sehingga alokasi lapangan pekerjaan tidak sepenuhnya terpenuhi. Selain itu juga masih melekatnya mentalitas untuk mencari pekerjaan ketimbang menciptakan pekerjaan sendiri," katanya lagi

Dalam menghadapi dunia kerja, lulusan perguruan tinggi memang tidak harus melamar menjadi tenaga kerja, melainkan juga bisa dengan menjadi pengusaha atau memiliki usaha sendiri. Dengan menjadi pengusaha atau memiliki usaha sendiri, selain akan berkontribusi dalam pembangunan bangsa juga memiliki nilai mulia serta mampu menciptakan lapangan kerja," tandas Ketua Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia itu.   

Sumber : okezone

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "WAOW...!!! 7,5 Juta Pengangguran Banyak Bertitel Sarjana."

Posting Komentar

MENGERIKANNYA DAMPAK pemanasan global