NGERI...!!! Fakta Ilmiah Kenapa Wanita Hamil Tua Dilarang Main di Pinggir Sungai.


Pernahkah Anda mengamati bahwa nyamuk hanya menggigit orang yang itu-itu saja dan mengabaikan yang lainnya? Sebenarnya hal ini tidak terjadi secara begitu saja, tetapi ternyata ada beberapa orang yang memang ‘menarik’ bagi nyamuk karena zat yang terkandung di dalam tubuhnya. Lalu, siapa saja yang cenderung sering di gigit nyamuk? Berikut selengkapnya.

1. Wanita hamil
Nyamuk betina memiliki reseptor saraf khusus yang membantu mereka mendeteksi gas di sekitar lingkungan mereka khususnya karbon dioksida. Menurut penelitian, wanita di tahap akhir kehamilan mengeluarkan gas karbon dioksida 21% lebih banyak dari wanita yang tidak hamil. Selain itu, wanita hamil juga memancarkan bau volatil yang bisa menarik perhatian serangga, kata Laura Harrington, PhD, profesor pada department of entomology di Cornell University. Jadi, kedua hal itulah yang menjelaskan kenapa wanita hamil cenderung menarik perhatian nyamuk.



2. Berkeringat
Asam laktat, salah satu produk sampingan yang dihasilkan dari aktivitas fisik akan dikeluarkan melalui keringat. Hal ini bisa menambah daya tarik nyamuk untuk menggigit kita. Di samping itu, berkeringat bisa menaikkan suhu tubuh dan menambah perhatian nyamuk pada kulit kita, kata Joseph M. Conlon, technical advisor di American Mosquito Control Association. 

3. Bergolongan darah O
Nyamuk sering menghampiri kita juga terkait dengan darah yang mengalir di tubuh kita. Sebuah studi dalam Journal of Medical Entomology menemukan, orang yang bergolongan darah O cenderung menarik perhatian nyamuk. Hal ini disebabkan golongan O  memiliki kecenderungan untuk memancarkan aroma khas tertentu yang menarik bagi nyamuk.

4. Bir
Terus-terusan mengonsumsi bir juga bisa menyebabkan gigitan nyamuk yang lebih banyak. Dari hasil percobaan kecil yang dilakukan di Jepang, nyamuk akan tertarik pada orang-orang yang telah mengonsumsi alkohol. Apalagi, bila alkohol yang dikonsumsi secara terus menerus.

LEBIH PARAH LAGI
Jika ada seorang wanita yang hamil tua, bergolongan darah O, banyak mengkonsumsi alkohol dan sedang berkeringat berada ditempat-tempat yang menjadi sarang nyamuk seperti kebun, hutan, pinggir sungai, dan tempat-tempat lembab lainnya. Pasti dia akan tersiksa karena menjadi incaran nyamuk dan gatal-gatal karena gigitan nyamuk.

Oleh karena itu, bagi suami yang punya hobby mancing jangan sekali-kali mengajak istri untuk menemani mancing di pinggir sungai, apalagi jika si istri baru hamil tua, bergolongan darah O, sedang berkeringat, dan banyak mengkonsumsi alkohol..

semoga bermanfaat

Sumber :
Artikel : Kompas

Foto : viralinsvestor

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "NGERI...!!! Fakta Ilmiah Kenapa Wanita Hamil Tua Dilarang Main di Pinggir Sungai."

Posting Komentar

MENGERIKANNYA DAMPAK pemanasan global